
Kecerdasan Linguistik
[ ] Suka menulis kreatif di rumah
[ ] Sangal hafal nama, tempat, tanggal, atau hal-hal kecil
[ ] Mengarang kisah khayal atau menuturkan lelucon dan cerita
[ ] Menikmati membaca buku di waktu senggang
[ ] Mengeja kata-kata dengan tepat dan mudah
[ ] Menyukai pantun lucu dan permainan kata
[ ] Suka mengisi teka-teki silang atau melakukan permainan seperti Scrabble
[ ] Menikmati mendengarkan kata-kata lisan (cerita, program radio, pembacaan buku, dan sebagainya)
[ ] Mempunyai kosakata yang luas untuk anak seusianya
[ ] Unggul dalam pelajaran sekolah yang melibatkan membaca dan / atau menulis
Kemampuan linguistik lain yang dimiliki anak Anda:
Kecerdasan Logis-Matematis
[ ] Menghitung problem aritmatika dengan cepat di luar kepala
[ ] Menikmati menggunakan bahasa komputer atau program software logika
[ ] Mengajukan pertanyaan seperti "Mengapa langit biru?"
[ ] Ahli bermain catur, dam, atau permainan strategi lain
[ ] Menjelaskan masalah secara logis
[ ] Merancang eksperimen untuk menguji hal-hal yang tidak dimengerti
[ ] Menghabiskan banyak waktu untuk memainkan teka-teki logika seperti kubus rubik atau permainan logika
[ ] Suka menyusun dalam kategori atau hierarki
[ ] Mudah memahami sebab dan akibat
[ ] Menikmati pelajaran matematika dan sains dan berprestasi tinggi
Kemampuan logis-matematis lain yang dimiliki anak Anda:
Kecerdasan Spasial
[ ] Menonjol dalam kelas seni di sekolah
[ ] Memberikan gambaran visual yang jelas ketika sedang memikirkan sesuatu
[ ] Mudah membaca peta, grafik, dan diagram
[ ] Menggambar sosok orang atau benda yang persis aslinya
[ ] Senang melihat film, slide atau foto
[ ] Menikmati melakukan teka-teki jigsaw, maze, atau kegiatan visual lain
[ ] Sering melamun
[ ] Membangun konstruksi tiga dimensi yang menarik (contoh: bangunan lego)
[ ] Mencoret-coret di atas secarik kertas atau di buku tugas sekolah
[ ] Lebih banyak memahami lewat gambar daripada lewat kata-kata ketika sedang membaca
Kemampuan spasial lain yang dimiliki anak Anda:
Kecerdasan Kinestetik-Jasmani
[ ] Berprestasi dalam olahraga kompetitif di sekolah atau di lingkungan permukiman
[ ] Bergerak-gerak ketika sedang duduk
[ ] Terlibat dalam kegiatan fisik seperti berenang, bersepeda, hiking, atau bermain skateboard
[ ] Perlu menyentuh sesuatu yang ingin dipelajari
[ ] Menikmati melompat, lari, gulat, atau kegiatan serupa (jika berusia lebih tua, mungkin menunjukkan kecenderungan ini dengan cara yang lebih tersamar)
[ ] Memperlihatkan ketrampilan dalam bidang kerajinan tangan seperti kerajinan kayu, menjahit, mengukir, atau memahat
[ ] Pandai menirukan gerakan, kebiasaan, atau perilaku orang lain
[ ] Menikmati bekerja dengan tanah liat, melukis dengan jari, atau kegiatan "kotor" lain
[ ] Sangat suka membongkar berbagai benda dan kemudian menyusunnya lagi
Kemampuan kinestetik-jasmani lain yang dimiliki anak Anda:
Kecerdasan Musikal
[ ] Memainkan alat musik di rumah atau di sekolah, sebagai anggota band atau orkes
[ ] Ingat melodi lagu
[ ] Berprestasi sangat bagus di kelas musik di sekolah
[ ] Lebih bisa belajar dengan iringan musik
[ ] Mengoleksi CD atau kaset
[ ] Bernyanyi untuk diri sendiri atau untuk orang lain
[ ] Bisa mengikuti irama musik
[ ] Mempunyai suara yang bagus untuk bernyanyi
[ ] Peka terhadap suara-suara di lingkungannya
[ ] Memberikan reaksi yang kuat terhadap berbagai jenis musik
Kemampuan musik lain yang dimiliki anak Anda:
Kecerdasan Antarpribadi
[ ] Mempunyai banyak teman
[ ] Banyak bersosialisasi di sekolah atau di lingkungan tempat tinggal
[ ] Tampak sangat mengenal lingkungannya
[ ] Terlibat dalam kegiatan kelompok di luar jam sekolah
[ ] Berperan sebagai "penengah keluarga" ketika terjadi pertikaian
[ ] Menikmati permainan kelompok
[ ] Berempati besar terhadap perasaan orang lain
[ ] Dicari sebagai "penasihat" atau "pemecah masalah" oleh teman-temannya
[ ] Menikmati mengajar orang lain
[ ] Tampak mempunyai bakat pemimpin
Kemampuan antarpribadi lain yang dimiliki anak Anda:
Kecerdasan Intrapribadi
[ ] Memperlihatkan sikap independen atau kemampuan yang kuat
[ ] Bersikap realistis terhadap kekuatan dan kelemahannya
[ ] Memberikan reaksi keras ketika membahas topik-topik kontroversial
[ ] Bekerja atau belajar dengan baik seorang diri
[ ] Mempunyai rasa percaya diri
[ ] Mempunyai pandangan hidup yang lain dari pandangan umum
[ ] Belajar dari kesalahan masa lalu
[ ] Dengan tepat mengekspresikan perasaannya
[ ] Terarah pada pencapaian tujuan
[ ] Terlibat dalam hobi atau proyek yang dikerjakan sendiri
Kemampuan intrapribadi lain yang dimiliki anak Anda:
Kecerdasan Naturalis
[ ] Akrab dengan hewan peliharaan
[ ] Menikmati berjalan-jalan di alam terbuka atau ke kebun binatang
[ ] Menunjukkan kepekaan terhadap bentuk-bentuk alam (misalnya, gunung, awan, atau, jika berada di lingkungan kota, mereka mungkin memperlihatkan kemampuan ini dalam kepekaan terhadap "bentuk-bentuk" budaya populer seperti misalnya sampel CD, model mobil, dan sebagainya)
[ ] Suka berkebun atau berada dekat kebun
[ ] Menghabiskan waktu dekat akuarium, terarium, atau sistem kehidupan alam lain
[ ] Yakin bahwa binatang mempunyai hak sendiri
[ ] Mencatat fenomena alam yang melibatkan hewan, tanaman, dan hal-hal sejenis (misalnya, mempunyai foto, buku harian, gambar koleksi, dan sebagainya)
[ ] Membawa pulang serangga, bunga, daun, atau benda-benda alam lain untuk diperlihatkan kepada anggota keluarga
[ ] Memperlihatkan pemahaman yang mendalam di sekolah dalam topik-topik yang melibatkan sistem kehidupan (misalnya, topik biologi, topik lingkungan hidup dalam mata pelajaran sains, dan sebagainya)
Kemampuan naturalis lain yang dimiliki anak Anda:
No comments:
Post a Comment